Wednesday 12 December 2012

Seni & Kerajinan


Perak

   Perak merupakann kerajinan yang banyak diproduksi di wilayah Kotagede Perak Kotagede sangat terkenal dan sudah menjadi komoditi eksport .
Kerajinan Bunga Kering
  Beberapa tahun terakhir ini, kerajinan bunga kering menjadi salah satu cenderamata yang banyak dicari Kerajinan ini dapat diperoleh di sentra kerajinan bunga kering Dukuh maupun di sekitar Alun-alun Utara.

Kerajinan Kulit

  Kerajinan kulit yang biasa dalam bentuk wayang maupun lukisan merupakan cenderamata yang unik yang bisa dibawa wisatawan dari Yogyakarta.
Kerajinan Batik
  Batik merupakan kerajinan khas Yogyakarta dan merupakan cenderamata yang banyak dicari wisatawan Di Yogyakarta, sentra kerajinan batik dapat dijumpai di kawasan Tamansari maupun kawasan Prawirotmana Di samping itu berbagai toko cendera mata khusus.
                                         


 

 

    

 

 Cagar Budaya


MASJID SELO
Masjid Selo merupakan masjid unik yang berada di sebelah timur kawasan Kraton Yogyakarta tepatnya di kawasan Sawojajar kelurahan Kadipaten.

TUGUJOGJA
Tugu adalah salah satu landmark paling terkenal di Yogyakarta yang kira-kira telah berumur sekitar 3 abad.

WATU GILANG DAN WATU GATHENG
Di Kampung Kedhaton (Dalem) yang terletak di kawasan Kotagede tidak jauh dari Masjid agung Mataram kearah selatan dapat disaksikan watu gilang dan watu gatheng.

GEDUNG SMA 11 Yogyakarta
Dibangun pada masakolonial tepatnya tahun 1897 dengan nama Kweekschool voor Inlandsche Onderwijzer dan pernah menjadi tempat diselenggarakannya konggres Boedi Oetomo.

CANDI PRAMBANAN
Candi Prambanan merupakan peninggalan Agama Hindu dari abad IX, terletak di tepi jalan raya Yogya Solo 17 km arah timur kota Yogyakarta Candi ini merupakan salah satu peninggalan candi Hindu terbesar.



CANDI PRABU RATU BOKO.
Berdiri di atas sebuah bukit yang berjarak 3 km arah selatan Candi Prambanan, dari situs Kraton Ratu Boko dapat menyaksikan panorama kota Yogyakarta dan Candi Prambanan Kompleks bangunan ini terdiri dari gapura, candi pembakaran, paseban, pendopo dan komplek
CANDI KALASAN

Berdasarkan prasasti berhuruf Pranagari dan Sansekerta, candi Budha ini dibangun pada tahun 778 M Terletak 3 km arah barat candi Prambanan tepatnya di dusun Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

CANDI SARI
Candi yang dibangun bertingkat dan bernafaskan Agama Budha ini letaknya berdekatan dengan candi Kalasan Dahulu kala bangunan candi merupakan Vihara Budha yang digunakan sebagai tempat untuk memberi pelajaran kepada para Bikshu.

CANDI SAMBI SARI
Posisinya yang berada 6,5 m di bawah permukaan tanah membuat candi ini memiliki keunikan tersendiri Kawasan candi ini ditemukan oleh seorang petani ketika mencangkul sawahnya pada tahun 1966 Candi Sambisari dibangun pada abad X dan terletak 12 km arah timur.
 


 

No comments:

Post a Comment